Semenjak berbisnis di bidang ISP, saya sering denger bahwa ada seorang wanita Kominfo yang sangat disegani dan “ditakuti” oleh para praktisi ISP. Ibu Mini namanya. Bu Mini adalah salah satu tim Kementrian Komunikasi dan Informatika. Terkenal di kalangan praktisi ISP karena ketegasan dan “kegalakan” nya dalam menegakkan aturan dan undang-undang Kemkominfo.

Beruntung beberapa hari yang lalu saya ditakdirkan oleh Allah untuk berbincang beberapa saat dengan beliau di Bandung. Berawal dari obrolan pengalaman umrah, hingga bagaimana beliau menertibkan ISP – ISP ilegal (buat yang pernah ditertibkan sama beliau, yang sabar yaa.. 😀 )

Memiliki Prinsip Hidup yang kuat. Itu kesan pertama saya terhadap beliau. Hal ini tertangkap saya ketika beliau berpesan kepada saya “Mas, untuk filtering konten negatif, tolong sangat diperhatikan. Saya kerja di Kominfo ini adalah amanah dari Allah, saya ga maen2 untuk masalah konten ini. Karena konten negatif ini bisa merusak generasi bangsa”. Wooooowww dahsyaatttt.. 😀

Hal kedua yang saya dapatkan dari beliau adalah karakter tegas. Yes beliau sangat tegas. Begitu mencium ISP ilegal, beliau langsung tindak tegas ISP tersebut. Ga mengenal seberapa besar ISP tersebut, seberapa baik owner ISP tersebut, kalau sudah ilegal ya sikaaattt!!!!

Walaupun hanya ngobrol 1-2 jam (yang diselingi dengan verifikasi data2 kerjaan), banyak sekali pelajaran yang bisa saya dapatkan dari bu Sumini ini. Semoga ibu Sumini tetap sehat, istiqomah dalam menyehatkan iklim IT di Indonesia dan dimudahkan segala urusannya. Aamiiiiinnn 🙂

Advertisements