buku thesisJudul nya rada antik yaa?đŸ˜€ Jadi gini ceritanya. Beberapa hari yang lalu ada seorang mahasiswa pascasarjana yang chat sama saya. Intinya, saat ini dia sedang kesulitan mencari judul thesis, dan mulai putus asa (bahasa dia desperado) karena judul-judul yang dia ajukan ke dosen nya ditolak terus. Singkat cerita beliau minta bantuan saya untuk bantuin atau cari teman yang bisa bantuin dia.

Berhubung jurusan nya ga sama dengan saya, saya kurang bisa maksimal bantuin dia. Tapi saya sempat sedikit cerita pengalaman saya waktu sedang berjuang lulus thesis dulu ke dia.  Posisi saya waktu ngerjain thesis sama dengan teman saya ini, yaitu, kuliah sambil kerja. Karena saya banyak menghabiskan waktu untuk bekerja, akhirnya thesis pun terbengkalai. Mulailah muncul prasangka2 yang negatif terhadap thesis saya ini. Mulai dari dosennya yang susah lah, judul nya susah ketemu lah, terlalu berat lah dan lain sebagainya.
Sampai akhirnya saya ditegur (lebih tepatnya dimarahi) oleh dosen saya,
“Kamu jangan bisnis melulu lah, luangkan waktu 1 bulan aja untuk fokus ngerjain thesis, setelah itu mau jungkir balik ngurusin bisnis juga ga masalah”.
Kata-kata bu dosen ini benar-benar luar biasa buat saya. Akhirnya, untuk sementara waktu saya memilih untuk menomor duakan bisnis, dan menomor satukan thesis. Setiap hari saya luangkan waktu 5-8 jam untuk ngerjain thesis. Yang selama ini saya biasa ngerjain di rumah (yang malah ga produktif), saya ubah jadi tiap hari ke kampus untuk belajar. Dan Alhamdulillah ga sampai 1 bulan thesis saya selesaiđŸ˜€.
SO, buat kamu-kamu yang lagi berjibaku ngerjain thesis dan mulai desperado, coba tanya ke diri sendiri
  1. Dalam sehari Berapa jam waktu yang kamu luangkan untuk ngerjain thesis (baca jurnal, konsultasi, atau nulis thesis)? Kalau jawabannya kurang dari 2 jam, tetooottttt… Berarti kamu nya aja yang malas ngerjan thesis
  2. Berapa banyak jurnal yang sudah kamu baca sampai tuntas (baca beneran lho yaa.. bukan baca cuplikan-cuplikan nya doank)? kalau jawabannya kurang dari 5 jurnal, tetooootttt… Berarti kamu malas ngerjain thesis.
Faktor terkuat lambatnya thesis adalah MALAS!!!!