Dua minggu lalu saya diskusi panjang lebar dengan kolega saya. Hingga tiba di salah satu diskusi tentang pertumbuhan perusahaan. Kolega saya bilang “perusahaan-perusahaan besar ,embatasi pertumbuhannya antara 10-15% per tahun.”
What?!? Saya sempat kaget dengan pernyataan teman saya tersebut. Bukannya pertumbuhan yang signifikan itu sangat baik bagi perusahaan? Setelah saya cerna kembali, ternyata make sense kalau perusahaan besar membatasi pertumbuhan nya. Kenapa? Berikut adalah analisa saya
1. Perusahaan besar itu fokus pada long term sustainability
Percuma perusahaan tumbuh 100% tahun ini, tapi tahun berikut nya ambruk/bangkrut. Lebih baik, tumbuh step by step dan continue
2. Pertumbuhan perusahaan harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas perusahaan.
Pertumbuhan perusahaan tentu membutuhkan resource yang semakin besar juga, baik itu SDM maupun resource yang lain. Dan meningkatkan resource secara instan, bisa berakibat buruk bagi perusahaan.

Lantas bagaimana dengan pertumbuhan perusahaan yang masih skala startup? Apakah harus membatasi pertumbuhan di 10-15% juga? Nanti saya bahas di tulisan selanjutnya🙂