Dalam berbisnis, kita pasti pernah melibatkan investor dalam bisnis kita. Hampir 10 tahun saya berbisnis dan melibatkan investor, saya melihat beberapa tipe investor
1. Investor saklek
Tipe investor ini, benar-benar saklek dengan perjanjian awal. Ga mau tahu bisnis kita sesuai proposal atau ga, yang penting dia harus dapat sesuai yang dijanjikan di awal dan tidak ada perpanjangan waktu.
2. Investor setengah saklek tapi toleran
Investor ini mau tahu berita baik dan buruk nya dari perusahaan yang dia investasikan, kalau bisnis nya lagi ga bagus, dia mau ngasih toleransi perpanjangan waktu tertentu
3. Angel investor
Ini investor yang bener2 angel. Kepercayaan investor ke kita benar2 full, bahkan pengalaman saya, investor tipe ini mau mentransfer dana investasi nya tanpa perlu perjanjian dulu. Kalau pun bisnis ada problem, investor tipe ini punya toleransi yang benar-benar sangat panjang dan memastikan bahwa mereka tidak menjadi beban besar bagi kita.

Dari ketiga tipe investor ini, tipe ke 3 pasti yang paling banyak kita cari. Tapi sayang, tipe ke 3 ini sangat jarang di dunia ini. Kalau berdasarkan prioritas, pilihlah investor yang bertipe angel investor terlebih dahulu, baru investor tipe 2, kalau ga ada pilihan, baru ambil yang tipe 3.

Selamat berburu investor😀