relationshipPagi ini cukup menyenangkan bagi saya, mendapat suatu ilmundi lapangan dimana ilmu tsb biasanya saya ajarkan di kelas. Customer Relationship. Yapz.. itulah ilmu yg saya dapatkan pagi ini dari seorang ibu penjual nasi uduk.

Ceritanya begini, pagi ini seperti biasa setelah lari pagi saya selalu menyempatkan diri untuk beli sarapan dulu sebelum pulang. Tujuan nya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendapatkan asupan gizi dari sarapan.πŸ˜€ Hampir setiap hari saya beli sarapan di ibu nasi uduk ini, dan alangkah sedih nya saya begitubsampe di tempat nasi uduk, antrian si ibu lagi penuh, dan masih harus membungkus pesanan nasi belasan bungkus.😦

Melihat antrian yang sepanjang itu, saya sempat berpikir untuk membatalkan sarapan dan pulang dalam keadaan perut kosong. Tapi akhirnya saya memutuskan untuk tetap bertahan bersabar menunggu giliran dilayani. Kira-kira 1 menit setelah saya memutuskan untuk mengantri, tiba2 ibu nasi uduk ini sudah menyerahkan sebungkus nasi uduk kepada saya. Alangkah kagetnya saya. Bahkan saya sampai bertanya 2 kali ke si ibu “bu, ini pesanan saya?” Ternyata saya ga perlu ngantri bermenit2 sesuai yang saya bayangkan. Si ibu memprioritaskan saya dan mem bypass antrian untuk melayani saya terlebih dahuki. Dan isinya pun sesuai dengan yang saya inginkan (karna biasanya pesan nya itu2 aja hehehe). Wow.. ini baru super pelayanannya. More than my expectation. Kalau boleh ngasih rate dengan range 1-4, saya pasti ngeklik 4 pada saat itu.πŸ™‚

Yah, itu mungkin sekilas cerita sederhana yang dapat merepresentasi kan ilmu customer relationship. Kenapa saya bilang kejadian ini adalah representasi dari customer relationship, karena ada 2 hal yang dilakukan si ibu, pertama memprioritaskan saya yang berarti bahwa si ibu membayar loyalitas yang saya berikan kepada si ibu, dan yang kedua adalah menyajikan nasi uduk dengan isi sesuai dengan yang biasanya saya pesan yang berarti bahwa si ibu merekam behaviour saya setiap saya beli nasi di si ibu. Yah, itulah cerita sederhana dari sebuah relationship marketing. Semoga bermanfaat.πŸ™‚