cost

Aneh ya judul nya?πŸ˜€ Saya juga aneh waktu denger 2 kata itu.πŸ˜€ Tapi setelah dipikir-pikir memang ada perbedaan antara stupid cost dan learning cost. And we should know them.πŸ™‚

Beberapa tahun yang lalu saya pernah mengeluarkan sejumlah uang untuk di investasikan pada usaha teman. Pada saat itu saya awam sekali dengan dunia investasi. Karena investasi nya menguntungkan, saya terus menambah jumlah dana investasi itu, tanpa mempertimbangkan banyak hal. Wajar kan? karna makin banyak uang yang kita investasikan, makin besar keuntungannya.πŸ™‚ Dan seiring dengan banyak nya jumlah investasi tersebut, ternyata teman saya ini menghilang tanpa jejak. Alhasil, dana yang saya investasikan ke usaha teman saya itu hilang bersamaan dengan hilang nya teman saya. Β Dana yang tadinya saya harapkan untuk bisa tumbuh berlipat-lipat, malah “hilang”. Nah, dana yang “hilang” itu, bisa kita namakan stupid cost. Kenapa? Karena dana itu keluar karena kelalaian saya. Dari kejadian itu, saya belajar bagaimana berinvestasi pada usaha seseorang. Minimal kejadian ini jangan sampai terulang kembali.πŸ™‚

Apa bedanya sama learning cost? Kalo learning cost itu, biaya yang kita keluarkan dan secara sadar kita tahu bahwa dana tersebut tidak akan tumbuh. boro2 tumbuh, balik pun ga (balik secara materi yaa..πŸ˜€ ). Misal nya ketika kita mau ikut seminar “cara berinvestasi”, untuk daftar seminar, kita butuh dana kan? Nah dana yang kita keluarkan untuk ikut seminar tersebut, itulah Learning Cost.πŸ™‚

Gimana? Sudah bisa membedakan antara stupid cost dengan learning cost kan? Walaupun kedua istilah tersebut punya perbedaan, tapi kedua istilah tersebut juga punya persamaan. Persamaannya adalah, ujung-ujung nya kita sama-sama belajar. Dari cerita diatas, di ujung stupid cost yang saya keluarkan, saya bisa belajar dari pengalaman tersebut bagaimana cara berinvestasi pada seseorang. Di ujung learning cost yang kita keluarkan kita juga belajar bagaimana cara berinvestasi pada seseorang.πŸ™‚ Lantas mana yang paling baik? Balance antara kedua nya, karena stupid cost itu adalah doing dulu baru learning, kalo Learning cost itu learning dulu baru doing.πŸ™‚ Semoga bermanfaatπŸ™‚