Masih hangat di ingatan kita kecelakaan Saipul Jamil yg menewaskan istri tercintanya (Virginia). Isu-isu gaib pun dengan cepat menyebar di masyarakat. Pagi ini kebetulan saya berkesempatan untuk melakukan perjalanan Jkt-Bdg melalui tol Cipularang. Dan saya akan sedikit cerita tentang hasil pengamatan saya (pengamatan secara logika awam lho yaa.. Hehe )

Ok. Semenjak KM 85 mata saya terjaga mengamati kanan kiri jalan tol. Sepanjang KM 85 – KM 96 jalan tol diapit oleh bukit2 setinggi +- 10 meter dari jalan. Tapi mulai KM 96 – 97,kanan kiri jalan tol sudah bukan bukit lagi,tapi sudah lembah.. Dari sisi kanan saya (sisi kiri kalau dari arah Bandung) terlihat jelas ada gunung di ujung sana dan dekat jalan tol ada lembah yang cukup curam. Sepengetahuan saya,kondisi gunung dan lembah seperti ini memungkinkan terjadinya angin yang besar. Sehingga mungkin pada saat SJ melintas dengan kecepatan tinggi + muatan penumpang berlebih, ditambah angin dari samping membuat mobil tak terkendali dan terjadilah kecelakaan tsb.

Angin dari samping ini diakui juga oleh pengelola jalan tol,bahkan angin samping ini sudah diketahui oleh pembuat jalan tol pada thn 2005 silam. Bahkan di KM 99 +900 arah Bandung,ada rambu “HATI-HATI ADA ANGIN DARI SAMPING”. Hal ini membuktikan bahwa angin samping dengan kekuatan super bukan hal gaib.

Ya kawan,angin samping di jalan tol,itu memang fenomena alam yang ga perlu di gaib-gaib kan. Sepengetahuan saya di tol Surabaya-Gempol ada 1 spot tertentu yang rawan angin samping juga. Lokasi yang perlu kita waspadai rawan terjadi angin samping adalah kondisi yang landai (misal sawah/lembah),kemudian di ujung terlihat gunung. So,demi keamanan dan kenyamanan kita pada saat mengemudi, pada lokasi/spot dengan ciri2 diatas,lebih baik kita kurangi kecepatan.πŸ™‚ let’s trip.. Hati2 di jalan..πŸ™‚