sumber: investasiemasonline.com

Seperti kita ketahui bersama, emas adalah media investasi jangka panjang yang sangat baik. Selain aman dari inflasi, dalam beberapa tahun terakhir ini investasi emas memberikan keuntungan yang sangat jauh di atas deposito bank.

Dengan keunggulan sebagai media investasi yang sangat aman dan menguntungkan ini, saat ini mulai banyak pedagang jual-beli emas. Baik itu penjualan secara tradisional, maupun penjualan secara online. Dengan banyak nya pedagang jual dan beli emas ini, sering kita dibuat bertambah bingung, mana tempat investasi yang baik dan menguntungkan. Selain itu, kita selaku customer yang notabene masih awam, sangat potensial untuk ditipu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Pada artikel kali ini, kami akan mencoba berbagi tips, bagaimana memilih tempat investasi emas yang baik dan tepat.

1.      Konsisten dalam mengupdate harga

Apabila kita minta mbah google menampilkan website-website investasi emas, google akan menampilkan banyak sekali link web. Tetapi begitu kita telusuri satu persatu, ternyata link web tersebut jarang di update (per minggu bahkan per bulan). FYI, pergerakan harga emas itu per jam bahkan per menit. Toko yang baik dan bagus adalah toko yang selalu mengupdate harga emas nya tiap hari. Dengan begitu, update harga secara teratur dan konsisten akan mengindikasikan bahwa web tersebut aktif dan dikelola dengan baik.

2.      Kontak yang jelas dan mudah dihubungi

Dunia maya sering dijadikan media penipuan yang sangat menguntungkan bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, kejelasan alamat, no telp, sms dan media komunikasi lainnya sangat penting untuk diperhatikan.

3.      Detail dalam menjelaskan setiap proses bisnis nya

Sebagai penjual yang baik, pasti akan mengetahui dan menguasai seluk beluk barang yang dijual nya, termasuk proses bisnis yang ada di dalam perusahaan nya. Apabila pedagang tersebut jujur dan benar, dia akan dapat menjawab dengan detail seluruh pertanyaan calon pelanggan nya.

4.      Ramah

Keramahan penjual pasti akan membuat kita merasa nyaman, oleh karena itu terkadang keramahan penjual menjadi nilai tersendiri bagi kita dalam memilih tempat investasi emas.

5.      Jangan hanya lihat harga jual, tapi lihat juga harga beli nya

Kebanyakan para pencari emas hanya memandang harga jual (harga toko dalam menjual emas ke pelanggan) nya saja. Hal tersebut tidak benar, kita harus melihat harga beli (harga toko untuk membeli emas yang pelanggan jual) nya juga. Karna selisih antara harga jual dan harga beli adalah salah satu faktor yang akan menentukan emas ini menguntungkan atau tidak. Semakin kecil selisihnya, berarti semakin untung kita beli disana.

6.      Value Added yang ditawarkan

Dengan persaingan toko emas yang sangat ketat ini, perang value added adalah keuntungan tersendiri bagi kita para pelanggan. Karena kita bisa memilih value added yang sangat menguntungkan dan memudahkan kita.

Itu adalah beberapa tips untuk membantu anda dalam memilih tempat investasi emas yang baik. Keputusan terakhir, tetap berada pada masing-masing diri anda.. 🙂

Selamat berinvestasi!!! 🙂

 

sumber: investasiemasonline.com