Sejak setahun yang lalu saya mulai mengenal lebih dalam profil dan sosok bapak Chairul Tanjung. Walaupun aku sering mendengar namanya, tapi aku hanya tahu sebatas nama saja, belum sampai profil apalagi biografi nya. Dan akhirnya pada saat aku menghadiri acara Pesta Kewirausahaan yang diadakan tgl 10-11 April ini Pak Chairul tanjung menjadi salah satu pembicara.

Tepat sehari sebelum acara dimulai, saya penasaran dengan sosok seorang pengusaha yang biasa dipanggil pak CT ini. Beliau adalah lulusan Fak. Kedokteran Gigi UI. Beliau mulai wirausaha semenjak kuliah, karena beliau ber janji pada diri sendiri, tidak akan meminta uang kuliah lagi kepada orang tua. Beliau berbisnis. Pertama kali membangun bisnis tidak langsung mulus, tetapi jatuh bangun dalam membangun bisnis nya. Mulai dari jualan buku, baju, alat2 kedokteran hampir semua nya meninggalkan kerugian alias bangkrut. Dengan gigih beliau terus menapaki jalan bisnis nya. Dan sekarang, beliau telah memiliki Bank Mega, Trans TV, Trans 7, Carrefour, Bandung Super Mall, Metro Department Store, dan masih banyak lagi.

Ketika tiba saat nya Pak CT mengisi acara, aku ragu dengan karakter beliau, jalan nya kalem dan tidak menyemprotkan aura semangat sama sekali, sangat beda dengan apa yang kubayangkan ketika membaca biografi beliau. Pada saat awal bicara di depan microfon, beliau juga tidak langsung berkoar-koar layaknya motivator ulung yang biasa bicara di depan ribuan orang. Tetapi lambat laun, penyampaian beliau mulai berirama, kalem bicara nya, tapi berbobot isinya. Beliau menyampaikan materi kewirausahaan betul-betul “mantap”, tidak banyak menggembar-gemborkan nikmatnya jadi wirausaha, seperti banyak waktu, duit banyak, jadi bos dan kenikmatan2 lain yang cenderung menjerumuskan para wirausahawan pemula. Beliau lebih mengatakan, betapa kerasnya hidup sebagai seorang wirausaha, kerja keras, ulet, rajin dan lain sebagai nya. Bahkan ada satu kalimat beliau yang selalu saya ingat “Sampai hari ini, saya baru pulang dari kantor jam 2 dini hari. Pada saat yang lain pulang, saya baru mulai rapat”. Tidak hanya itu, beliau juga pengusaha yang memiliki nasionalisme tinggi dan sangat visioner.

Semenjak hari itu, saya mengangkat topi yang setinggi-tinggi nya atas biografi beliau. Dan 2 minggu terakhir ini, entah kenapa, tiba-tiba saya pengen menjadi murid beliau. Semoga Allah menunjukkan jalan nya.. Amin.. J