Logo SEFT Biru

Kali ini aku mau sharing tentang “secuil” ilmu tentang SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique). SEFT merupakan salah satu terapi “mudah” yang bertujuan untuk lebih dapat mengontrol emosi diri, menghilangkan fobia terhadap sesuatu hingga ke penyembuhan penyakit fisik. Terapi ini saya bilang “mudah”, karena pada terapi ini, kita tidak menggunakan alat apapun, hanya bermodalkan tapping 2 jari (jari telunjuk dan jari tengah) beserta keyakinan pada Sang Illahi. Sistem terapi yang ditemukan oleh Ahmad Faiz Zainuddin ini dapat dilakukan sendiri baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Terapi Tapping sebetulnya sudah ditemukan sejak tahun 60 an oleh para pakar pshycology, dan seiring berjalannya waktu, kang Faiz yang berasal dari Surabaya ini, mendalami nya, mengembangkan nya dan menambahkannya dengan do’a.

 SEFT terdiri dari 3 step.

  1. Step 1 adalah Set Up
    Pada step pertama ini, kita (penderita) diminta untuk memikirkan, dan memahami penyakit yang ingin disembuhkan. Pada tahap ini (sembari memikirkan dan memahami penyakitnya), kita diminta untuk meraba daerah dada (jangan berpikiran negatif ya…), untuk mencari titik yang terasa sakit. Apabila ketemu titik yang terasa sakit, raba dan tekanlah area yang sakit tersebut secara perlahan. Disamping itu, kita juga diminta untuk mengucapkan / berdoa
    “Ya Allah… Walaupun aku sakit *******…. Aku ikhlas menerimanya… Dan aku pasrahkan kesembuhannya pada Mu…” (baca ini berulang kali)
  2. Step 2 adalah Tune In
    Pada step ini, kita diminta untuk memunculkan rasa sakit yang kita idap tersebut. Apabila akan mengobati fobia terhadap sesuatu, kita datang kan sesuatu itu. Semisal fobia durian, kita datangkan durian tersebut, hingga si penderita “beraksi”. Fobia ketinggian, kita bawa si penderita ke ketinggian tertentu, hingga si penderita “beraksi”
  3. Step 3 adalah tapping (totok jari)
    Nah, apabila si fobia telah “beraksi”, lakukan lah tapping (totok 2 jari) pada 18 titik (aku cuman dapet 9 titik euy, kalo mau lengkap mesti ikut training nya soalnya.. :D).
    Sembari melakukan tapping di titik2 tersebut, teruslah membaca dan berdoa seperti pada Step 1. Pasrahkan diri, ikhlaskan diri, dan tawakkal kan pengobatan ini kepada Allah.

SEFT4

Secara singkat, itulah pengenalan awal SEFT.  Sistem terapi yang dikelola oleh Logos Institute. Untuk lebih detail nya dapat dilihat di sini atau ikut di pelatihannya. Pelatihan terdekat tgl 6 Sept 2009 di Balikpapan (lokasi ditail belum di publish) harga nya sktr 950 ribu rupiah… . :)  Mau???

Selamat mencoba..🙂