Waaahhh,… Sudah kadaluarsa nih posting nya…Tapi tak apalah, mending terlambat daripada liiburan ku ini tidak terdokumentasikan sama sekali…
Lebaran adalah salah satu momen utama untuk bisa dapat cuti panjang. Libur yang cuman 1 minggu, bikin aku merinding ngeliat agenda mudik ku (setelah dipresentasikan oleh EO handal (baca: orang tua ku) )… ceileee… sok merinding..

Lebaran adalah salah satu momen utama untuk bisa dapat cuti panjang. Libur yang cuman 1 minggu, bikin aku merinding ngeliat agenda mudik ku (setelah dipresentasikan oleh EO handal (baca: orang tua ku) )… ceileee… sok merinding..Berikut liputan perjalanan hari demi hari ku selama liburan.

Setelah mengalami delay yang cukup panjang, akhir nya aku dan bapak ku tiba juga di bandara Internasional Juanda Surabaya. Tak lama setelah ngambil bagasi pesawat, kami sekeluarga pun berkumpul bersama. FYI, sudah 9 bulan 10 hari (halah… 9 bulan maxudnya) kami sekeluarga belum pernah kumpul bersama… Begitu ketemu langsung aja Cium tangan ibu, pipi ibu, and then… tangan ku pun dicium adek ku.. Pastinya, semua dilakukan dengan penuh rasa kasih sayang… Fiuh,…. senangnya…
Mengantar dua orang kurcaci
Agenda hari ini adalah mengantar mudik 2 orang manusia penting yang cukup membantu sekali pekerjaan rumah keluargaku. Dengan berpenumpang kan 6 orang (aku, bpk, ibu, adek ku, 2 orang kurcaci (adik ku manggil mereka ber dua kurcaci.. hehehe)), sebuah mobil kijang hitam melaju dengan kencang dari arah Sidoarjo (dibaca Surabaya aja ya…) menuju ke timur… Setelah 3 jam melalui perjalanan yang Alhamdulillah nya ga macet, kami pun tiba di area kurcaci pertama (ga diantar sampe rumah, soalnya rumah nya remote banget)… Bersama keluarga kurcaci 1Jadilah, si saudari penting ini disambut oleh sanak famili nya di ujung jalan daerah Leces Probolinggo.. Weleh2…. Mereka menyambut dengan penuh sukacita, tak heran kami pun di beri „oleh2“ hasil bumi Lumajang… Degan se karung…. Wuiihhh… Pulang kampung coy… Penuh dah mobil bagian belakang…Ternyata di sini gudang nya Degan… weleh2…lautan degan
Ga cuman degan lho, tapi daerah Lumajang ini juga punya Pisang yang terbesar selama hidup ku.. Bayangin boss… 1 pisang lebih besar dari tanganku… ckckckckck… [kebesaran Illahi nih…]…pisang=tangan
Setelah mengantar kurcaci pertama, kurcaci kedua tak lupa kami  antar ke sanak famili nya… Weleh2… Tak jauh beda sama si kurcaci pertama, begitu nyampe di rumah kurcaci kedua ini, kami juga disambut sukacita oleh keluarga si kurcaci. Pulang nya pun, tak kalah meriah, hampir seluruh keponakan si kurcaci mengantar kami ke mobil dengan membawa hasil bumi…. Apa itu??? Tak lain… Degan, Pisang dan Nangka…. Yaelah…. Pulang  kampung lagi coy…. Menuju ke mobil bersama J. Mobil pun penuh dengan hasil bumi Lumajang,….Sepulang dari mengantar kedua kurcaci ini, kami menyempatkan diri ke rumah famili di Probolinggo, sekalian menjenguk seorang calon tunas bangsa yang baru dilahirkan ke dunia melalui rahim saudara sepupu ku…Ciuman selamat datang
 

Mudik senang, mudik nikmat

Nah, ini baru dibilang mudik, perjalanan pun dimulai… Tujuan kami kali ini adalah Kota Purwakarta yang terletak di ujung Jawa Barat…. Secara default, perjalanan ini bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 24 jam… Tapi, kami pengen menikmati mudik beneran… Perjalanan ini akan kami tempuh selama 3 hari 2 malam…. hahahaha… maklum lama tak kumpul ber empat, mudik pun dijadikan ajang untuk rekreasi n kuliner bareng. Persinggahan pertama adalah wisata Religi ke Demak, kami pun mampir di Masjid Demak…. Entah kenapa, ketika kaki ini masuk ke ruang utama masjid Demak, hati ini rasanya adeeeeeeemmmmm banget… sejukkkkkkk banget… tak tau kenapa…. [Jadi inget, yang Maha Membolak Balik hati… J ].

Persinggahan kedua adalah Kota Semarang… Kota Lumpia.. Kota Bandeng… Tak disangka, disana juga ada warung pecel yang laris banget yang juga enak banget… Namanya warung pecel Mbok Sador… Kami pun bermalam 1 hari di kota ini….zzzzzz…… zzzzzz….Di masjid Demak
@Simpang Lima Semarang

Setelah puas meregangkan diri, kami  pun melanjutkan perjalanan mudik…. Persinggahan selanjutnya adalah kota Pekalongan…. Kota Batik… Rencana awal, aku tak mau turun dari mobil… terucaplah kata „Aku ga turun ya…. aku di mobil aja….”Males banget ngebayangin baju2 Batik yang model nya jadul n [pada saat itu aku berpikir] biasa banget…. Eh, tak sengaja mataku langsung tertuju ke sehelai kain yang wiiiiiii…. keren bro….. Ya udah deh… langsung pilih sana, pilih sini… lirik sana… lirik sini…. pegang sana…. pegang sini…. Dan ketika di kasir….. aku yang beli paling banyak daripada keluarga ku yang laen… Mereka pun nyindir… „Katanya ga mau turun dari mobil… eh koq malah beli yang paling banyak…“… hahahaha…..

Setelah dari Pekalongan, lanjut menuju kota Brebes… Nah, kalo disini, aku tak turun dari mobil, sementara kedua ortu ku belanja telur asin… yang yummy banget,…. kota Brebes… kota Telur Asin….. pake nasi anget, pake kecap manis, pake telur asin… wiiiiihhh… wuenak….

Oke… Persinggahan selanjutnya adalah kota Cirebon…. disini kami pun bermalam sehari… Kuliner??? Pasti donk… kami mencoba Nasi Jablai Jamblang….. Apa sih nasi Jamblang tuh??? Nasi Jamblang tuh… Nasi yang dibungkus pake daun jati, trus dimakan pake lauk pauk yang tersaji di meja gedhe banget..

 

Nasi JamblangPuas di Cirebon, besok nya langsung berangkat ke Purwakarta (final destination)… Di Purwakarta pun cuman sehari aja… sehabis shalat ied, shilaturahmi sama sodara2, trus langsung lanjut berangkat ke jakarta, shilaturahmi sama bos kantor nya bapak… hmmmm…. bener2 long distance… Jakarta yang menurut banyak orang, sepi di waktu lebaran, alamakkkk…. untuk lebaran kali ini, itu tak terbukti…. jalan tol padat merayap, tempat singgah (baca: rest area )full… edaaannnn….

Hari itu juga perjalanan malam kita tempuh untuk menembus Jogja, lha di Jogja inilah aku bisa ktemu sama soulmate2 ku… Bagrul n Aji. @ Malioboro bareng Aji
@ Benteng Jogja
Diawali dengan ketemu Aji di lobby hotel (Aji ngomong di lobi hotel, tapi nyatanya nunggu di emperan hotel), lanjut ngobrol bareng di J.Co. Trus keliling Malioboro, ke Benteng Jogja, dan diakhiri dengan Mkan iga bakar + sop konro bareng di sekitar UGM. Setelah puas keliling Jogja, puas nginep di Jogja, puas ngeborong makanan khas Jogja langsung dari pabrik nya, kami pun melanjutkan perjalanan pulang ke Sidoarjo…

Weitz, ternyata perjalanan mudik tidak berhenti sampai disini, Nginep semalam di rumah, langsung berangkat lagi ke Probolinggo… Fiuh mantaf…

Kumpul kawan SD, SMP, SMA

Setelah capek keliling pulau Jawa, now, saatnya untuk shilaturahmi bareng tmen SD, SMP, SMA.. Mulai dari ngumpulin nomer HP sampe kumpul bareng kami lakukan…

Fiuh… liburan yang padat… tapi tak apa, pergi bareng keluarga, terisolasi di dalam mobil sekeluarga adalah nikmat tersendiri bagiku… Tempat yang asik untuk saling bercerita, bercanda, dan beristirahat bersama…. semoga semangat shilaturahmi ini tidak sekedar menjadi peluh keringat saja, melainkan mendapat nilai amalan dari Yang Maha Kuasa… Amin…

 Soulmate SMPSoulmate SDSoulmate SMA