Barusan liat wawancara eksklusif dengan Presiden SBY di Metro TV. ENtah kenapa, semenjak diiklankan di Metro TV, langsung terpatri dalam hati, I should watch this program. Aku penasaran dan pengen ngedenger langusng dari presiden tentang kondisi Negara ini. Singkat cerita, jam 20.05 tepat aku sudah nongkrong di depan TV untuk nonton program ini. Mulai lah Desi Anwar bertanya pada bapak Presiden, mulai dari kenaikan BBM sampai dengan Visi belaiu terhadap bangsa ini. Kalo di certain satu persatu, kepanjangan kali ya… Aku kasih summary aja lah ya… Nih dia…

 

  1. Kenaikan BBM merupakan alternatif terbaik di antara alternatif2 yang lain. Ternyata, SBY juga sudah ngupas satu persatu solusi yang ditawarin ama para ahli. Ex: Ga usah bayar utang dulu, dana untuk bayar utang dialihkan dulu aja. Menurut SBY, ini harus dihindari, Indonesia sudah melunasi utang ke IMF sebesar Rp. 70 Triliun, kita sedang berusaha keras, memperkecil utang2 ini, kalo tiba2 nggak kita bayar sekarang, kapan kita mau lunas??
  2. Menyehatkan Subsidi. Ternyata, saat ini tuh subsidi yang dikasih pemerintah salah sasaran, seperti BBM misalnya. Sekarang begini, orang miskin make minyak paling 1-2 liter sehari (kebutuhan keluarga), tapi orang kaya, bisa jadi make minyak berpuluh2 kali lipat dari rakyat miskin, entah untuk industri, keperluan pribadi dan lain sebagainya. Nah, kalo yang di subsidi itu minyak nya, jelas ini akan menguntungkan orang2 menengah ke atas. Sekarang kita persehat subsidi ini, sehingga bisa tepat sasaran.
  3. BLT hanya jangka pendek. Ketika BBM naik, pasti akan memacu harga2 untuk naik juga. Nah, BLT ini diharapkan dapat menjadi “bantalan” bagi rakyat miskin untuk menghadapi kenaikan harga. BLT ga diberikan untuk selamanya, tapi hanya bertahap. Itu pun, tidak diberi dengan sekedar memberi. Tapi diibaratkan dengan memberi ikan, kemudian kail. Sehingga, BLT diharapkan dapat memacu rakyat kecil untuk dapat berdiri sendiri.
  4. Kebijakan yang tidak popular. (Ini nih yang paling saya sukai dan kagumi dari beliau). Kebijakan menaikkan BBM pasti akan menurunkan popularitas SBY, apalagi tahun depan sudah ada Pemilu 2009, SBY pun mengakui hal ini. Tapi, SBY berpikir, “Sebagai seorang pemimpin, Saya akan lebih tidak bermoral jika saya tidak melakukan apa2 terhadap bangsa ini, karena takut menjatuhkan popularitas saya. Semua politisi pasti ingin karier politis nya baik, tetapi ada suatu titik dimana si politisi tersebut betul2 mempertaruh kan karier politisnya demi bangsa ini”
  5. Merubah krisis menjadi peluang. Dengan kondisi yang seperti ini, seharusnya kita bisa melihat peluang2 baru

 

Yang pak SBY sampaikan sebenernya lebih banyak lagi dari ini, tapi itu beberapa poin penting yang aku dapetin dari Wawancara Eksklusif di Metro TV. Thanks Metro TV… J