interviewWaktu lagi fresh2 nya abis graduate (fresh graduate maxudnya), biasanya kita pengen segera cari n dapetin pekerjaan… Pikiran gw (anda juga kayanya😉 ) “Pokok nya gw jangan sampe nganggur terlalu lama… !!”..  Segera beli koran, rajin search job opportunity di internet, n usaha2 yang lain….

Nah, biasanya waktu udah dapet perusahaan n job yg kita ingin kan, ternyata, requirement nya ga sesuai… Contoh paling banyak n sering adalah, background pendidikan yang ga sesuai. Berikut gw ceritain pengalaman gw waktu ngelamar di salah satu perusahaan asing.

Waktu itu gw tertarik untuk ngelamar sebagai Project Engineer. JOb desc nya adalah Menjadi koordinator tim, berhubungan dengan client. Requirement nya, bachelor degree in Industrial or Civil Engineering, padahal background pendidikan gw, Informatics Engineering. Tapi karna ngerasa cocok dengan job nya, gw tetep aja ngelamar… Memang sih, waktu sampe di sesi interview, gw ditanyain, “Andika, km koq ngelamar job yang beda dengan background kamu??”. Ya udah kujawab aja, “Ibu bisa lihat di CV saya, Selama 4 tahun saya hidup di kampus, saya lebih banyak menghabiskan waktu di dunia organisasi, dimana di sana sangat kental dengan leadership.. Dan saya merasa saya tertantang di job ini (Project Engineer), karna job ini juga sangat kental dengan leadership”..  Singkat cerita, akhirnya saya diberi amanah oleh perusahaan tsb untuk menjadi Project Engineer…

Nah, sebener nya perusahaan (walopun ga smua perusahaan ya…🙂 ) itu lebih ngeliat siapa kamu , bukan background pendidikan kamu apa. Makanya, kalo misal ngerasa punya skill yang beda ama background kamu, n km ngerasa enjoy kalo kerja sesuai skill kamu, “jual” aja skill kamu itu…. nggak usah takut ngelamar, karna beda ama background kamu. Ok…